Posted by : Anggit Rigen Monday 24 April 2017


Sabtu,22 April 2017 menjadi salah satu hari yang bersejarah bagi JKT48.Di hari itu Konser Kelulusan untuk salah satu member legenda JKT48,Jessica Veranda diadakan.Acara tersebut bersamaan dengan Pengumuman Final Sonsekyou 2017 JKT48.Bertempat di Balai Sarbini,Jakarta,acara tersebut sukses dihadiri oleh ribuan Fans JKT48.

Sebelumnya di Konser B.E.L.I.E.V.E Jogja (1/4/17) di PKKH,UGM,diumumkan bahwa Konser Kelulusan Veranda akan dilaksanakan pada 22 April 2017 bersamaan dengan Pengumuman Final Sonsekyou.Acara tersebut juga menjadi konser terakhir Jessica Veranda bersama dengan JKT48.


Acara yang bertajuk “Jessica Veranda Graduation Ceremony & Pengumuman Hasil Pemilihan Member Single ke-17 JKT48” itu dimulai sekitar pukul 15.00 WIB.Acara terbagi menjadi 2.Graduation Ceremony Ve,yang dimulai pada pukul 15.00 WIB dan Pengumuman Sonsekyou pada pukul 19.00 WIB.

Untuk acara Pengumuman Sonsekyou dapat dilihat secara Live Streaming di website resmi RTV pada pukul 19.00 WIB (urutan 32-11 besar) dan juga di channel RTV pada pukul 21.00 WIB (urutan 10-1).Sedangkan untuk acara Graduation Ceremony Jessica Veranda tidak disiarkan dan tidak ada Live Streaming.

Yang menarik dari Graduation Ceremony Jessica Veranda ini adalah hadirnya beberapa ex-member JKT48 yaitu : Haruka Nakagawa,Stella Cornelia,dan Jessica Vania.Mereka turut memeriahkan konser terakhir Jessica Veranda bersama JKT48 ini.

Berikut adalah list lagu yang di tampilkan pada Konser Graduation Ceremony Jessica Veranda Sabtu lalu :

M01.Virginity [Team J]
M02.Birth [Team K3]
M03.Hatsukoi Butterfly [Team T]
M04.Kibouteki Refrain
M05.Melon Juice [Varanda ft. Team T]
M06.Aozora no Soba ni Ite [Veranda ft. Team T,Meddley]
M07.Shinkirou [Veranda ft. Haruka]
M08.Plastic no Kuchibiru [Veranda ft. JKT48 Dance Project]
M09.Don’t Look Back [Veranda ft. Team K3]
M10.Eien Pressure [Veranda ft. Team K3]
M11.Temodemo no Namida [Veranda ft. Jeje]
M12.Hanya Lihat ke Depan
M13.Halloween Night
M14.Kondokoso Ecstasy [Veranda ft. Team J]
M15.Idol no Ouja [Vranda ft. Team J,Meddley]
M16.Kinjirareta Futari [Veranda ft. Kinal]
M17.Futari Nori no Jitensha [1st Generation]
M18.Pioneer [1st Generation,Meddley]
M19.Laptime Masa Remaja [1st Generation]
M20.Yuuhi wo Miteiruka
M21.Yokaze no Shiwaza [Veranda]
M22.So Long!

Selain itu,di sela-sela lagu ada juga Video Dokumenter Veranda selama di JKT48.Dan sebelum lagu Yokaze no Shiwaza,Veranda melakukan Speech Graduation dengan mengenakan Gaun Ungu.Setelah konser selesai,dia meletakkan mic nya ke sebuah bantal,dan menandakan bahwa Era nya telah selesai dan bersiap untuk menyambut Era Baru JKT48.


Setelah Konser Graduation Ceremony Jessica Veranda selesai,maka acara dilanjutkan dengan Pengumuman Hasil Sonsekyou Single ke-17 JKT48.Mengangkat tema “Siapa yang Akan Membuat Zaman Baru?” maka malam itu zaman baru JKT48 benar-benar terjadi.Banyak hasil yang tidak terduga dari Hasil Akhir Sonsekyou JKT48 tahun ini.

Berikut adalah Hasil Akhir Pemilihan Member Single ke-17 JKT48 :






Beberapa hal menarik yang ada di Pengumuman Hasil Akhir Pemilihan Member Single ke-17 JKT48 :

1.Dikomentatori oleh Para Ex-Member
Hal pertama yang berbeda dari Pengumuman Sonsekyou tahun ini dibanding tahun-tahun sebelumnya adalah ada komentator.Jika sebelumnya Pengumuman Sonsekyou hanya sekedar diumumkan,tapi tahun ini Pengumuman Sonsekyou disertai dengan komentar dari beberapa ex member JKT48 yaitu Stella,Haruka,dan Veranda sehingga menambah kemeriahannya.Udah kaya pertandingan bola aja nih

2.Banyak Wajah Baru
Yap,seperti temanya yaitu “Siapa yang Akan Membuat Zaman Baru?” Sonsekyou tahun ini dipenuhi oleh wajah baru.Dikalangan member Senbatsu ada : Made Devi N [Team T],Aninditha Rahma C [Team K3],dan Frieska Anastasia L [Team K3].Sedangkan pada jajaran Under Girls ada : Ayu Safira Oktaviani [Team K3],Tan Zhi Hui Celine [Team T],Violetta Burhan [Team T],Cindy Hapsari [Team T],Adhisty Zara [Team T],Melati Putri R S [Team T],Nurhayati [Team T],Fakhriyani Shafariyanti [Team K3] dan Shafira Angela N [Team J].

Dan karena ini kali pertama bagi mereka,maka moment diatas panggung diwarnai isak tangis bahagia dari para member tersebut.Apalagi bagi Frieska dan Shafa,dimana mereka sudah menjadi member yang bisa dibilang senior di JKT48 akhirnya mendapatkan Sonsekyou pertama mereka.

3.Center Baru Terlahir
Yap,karena posisi Center Senbatsu Sonsekyou tahun lalu telah Graduate (bahkan 3 besar tahun lalu),jadi sudah dipastikan bahwa aka nada Center Baru yang akan mewarisi “Tahta” yang sebelumnya dipegang oleh Veranda.Dan member yang mendapat kesempatan itu adalah Shani Indira Natio dari Team K3.

Dengan total vote 47.717 suara dia berhasil mengalahkan Ayana Shahab [44.034 suara) dengan selisih angka 3.683 suara.Dengan ini dia resmi menjadi penerus Veranda untuk posisi Center Senbatsu.

Moment mengharukan juga terjadi karena penyerahan Trofi Peringkat 1 Sonsekyou malam itu diserahkan langsung oleh Jessica Veranda.Shani pun dengan haru memeluk Veranda cukup lama karena saking terharunya.

Hal ini juga terjadi di jajaran Under Girls dimana Ayu Safira Oktaviani juga berhasil menjadi Center baru Under Girls.Posisi yang sebelumnya diduduki oleh Sinka Juliani itu kini menjadi milik member tinggi tersebut.

4.Frieska for Senbatsu
Sonsekyou kali ini menjadi Sonsekyou terindah bagi Frieska Anastasia Laksani.Adik dari Melody ini akhirnya berkesempatan mendapat posisi Senbatsu setelah lebih dari 5 tahun berkarir di JKT48.Akhirnya impiannya untuk satu seragam bersama Melody yang berada di posisi ke-3 tercapai.Melody pun menyambut keberhasilan Frieska dengan berlari memeluknya di atas panggung Sonsekyou.

5.Selalu Ada Moment dan Speech Kocak dari Member
Diawali dari Sonsekyou Single ke-10 2 tahun lalu oleh Priscillia Sari Dewi (Sisil),kali ini hampir di setiap Sonsekyou JKT48 selalu ada member yang melontarkan speech ataupun ungkapan yang lucu.Seperti Melati yang bertanya apakah Trofi Sonsekyou terbuat dari beling,mascara Celine yang luntur saat speech,Okta yang bertanya apakah nggak papa kalo orang tinggi kaya dia jadi center,ataupun ungkapan kocak dari Saktia yang juga menghibur.

Hal ini sangat mewarnai Sonsekyou JKT48 setiap tahunnya.Bahkan moment krusial dimana member Runner Up diumumkan juga bertambah kocak,karena MC menjeda pengumuman tersebut,sehingga membuat member dan fans geregetan.Terutama Ayana dan Shani,dimana mereka berdua adalah member yang digadang-gadang menduduki 2 posisi teratas.

6.Ayana dan Beby Back to Senbatsu
Yap,setelah tahun lalu terdepak dari jajaran Senbatsu Sonsekyou,akhirnya tahun ini Ayana dan Beby kembali ke panggung Senbtasu.Fantasitisnya lagi peningkatan posisi Ayana yang sangat pesat disbanding tahun lalu.Dimana dia tahu lalu di posisi ke-19 melesat jauh ke posisi ke-2 atau Runner Up.

7.Team KIII Mendominasi
Jika tahun lalu Sonsekyou berjalan imbang antara Team J dan KIII,maka tahun ini Team KIII berhasil mendominasi Sonsekyou.Sebanyak 15 member Team KIII berhasil menduduki jajaran 32 besar,termasuk sang kapten,Ratu Vienny Fitrilya.Hal ini juga menandakan kesuksesan seorang Viny dalam memimpin Team KIII.

9.Penurunan dan Peningkatan
Menyambung di nomor 6,banyak pula member yang mengalami penurunan dan peningkatan posisi di Sonsekyou kali ini.Contohnya,Shania Gracia yang mengalami peningkatan dari tahun lalu posisi ke-11 menjadi posisi ke-4.Atau Cindy Yuvia yang selama ini selalu mengalami peningkatan disetiap Sonsekyou harus turun 1 peringkat dari tahun lalu.

10.Generasi Penerus Big Three Senbatsu
Seperti yang diketahui “Big Three Senbatsu JKT48” hanya menyisakan Melody,setelah Gradnya Haruka dan Veranda,maka fans bertanya-tanya : Siapa Generasi Penerus Mereka?

Dan ini menurut saya (dan mungkin sebagian fans) bahwa Generasi Penerus Big Three untu posisi Veranda dan Haruka telah lahir.Mereka adalah Shani untuk posisi penerus Veranda dan Ayana untuk posisi penerus Haruka.Hal ini dilihat dari posisi mereka di Sonsekyou tahun ini dan kemiripan mereka sendiri.

Tapi walaupun begitu sosok Veranda dan Haruka tidakk akan pernah tergantikan di mata fans JKT48.

Nah,itu tadi beberapa hal tentang Jessica Veranda Graduation Ceremony danPengumuman Hasil Pemilihan Mimber Single ke-17 JKT48 Sabtu malam lalu.



Dengan ini,mari kita sambut Zaman Baru di JKT48,bagi yang Oshinya masuk Senbatsu dan Under Girls maupun tidak,mari tetap dukung JKT48 agar tetap berkarya.Stop TUBIR dan ALWAYS SUPPORT OUR IDOL,

Thanks for Reading


Matur Nuwun



Picture sumber : @dece91 dan timeline Twitter

Leave a Reply

Silahkan komentar.Kritik,saran,hinaan,ceban,goban,kami terima.Hidup seperti Larry

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Laugh Hunter - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -