Posted by : Anggit Rigen Thursday 2 March 2017


Malam Mas dan Mbak...

Beberapa hari lalu,tepatnya Minggu,26 Februari 2017 aku datang ke acara cosplay CLAS:H 2017 JOGJA di JEC,Jogja.Itu adalah salah satu rangkaian event Cosplay CLAS:H yang diadakan di 5 kota di Indonesia yaitu Bandung,Medan,Jogja,Surabaya,dan Jogja.Berikut aku ceritakan ceritaku saat menikuti event CLAS:H 2017 JOGJA.

Malam itu aku baru pulang dari membeli SIM Card dan paket Internet untuk modemku.Ya,setelah HP ku hilang digondol Syaiton (baca : maling) aku tetap harus terhubung dengan internet.Secara aku anak IT yang akan menghadapi Ujian Kompetensi Keahlian (UKK).Jadi,koneksi internet sangat diperlukan untuk mengetes script-script dari program yang aku buat,script-script yang membuatku hampir gila karena lebih susah dari rumus Matematika.

Sewaktu aku mencari script untuk program website,aku iseng-iseng membuka Twitter dan liat-liat timeline.Ku scroll timeline beberapa kali.Hingga akhirnya aku berfikiran untuk mengecek Twitter para oshiku di JKT48.Dan ketika sampai di timeline kak Achan,aku melihat 'tweet'nya tentang event CLAS:H di Jogja.Sebelumnya sih aku tau kalo dia ikut event CLAS:H di Bandung dan Medan,dan ternyata dia juga ikut di Jogja.

Jujur,setelah kehilangan HP,aku hampir lupa tentang semua rencanaku seperti buat video,posting di blog,hingga acara yang ingin aku datangi,salah satunya CLAS:H 2017 Jogja ini.Jujur,aku sudah tau event ini sejak Januari lalu,bahkan sebelum aku tau kalo hostnya itu kak Achan dan kak Genki.Tapi aku malah lupa gara-gara HPku hilang,bahkan event MnG ex member JKT48 pun aku benar-benar lupa.

Setelah itu aku coba cari info tentang event CLAS:H  2017 Jogja ini.dan akhirnya aku tau bahwa eventnya masih sekitar seminggu lagi.Ditambah lagi ada info baru kalo salah satu bintang tamunya adalah JKT48.Kyaaa,tau hostnya kak Achan aja udah bersyukur banget,ini malah ada JKT48nya segala,makin seneng lah.Apalagi pas liat HTMnya cuma 35k makin kegirangan lah.


Tapi ada sedikit masalah soal waktu pelaksanaannya.Acara itu dilaksanakan tanggal 26 Februari,padahal tanggal 27 Februari nya aku bakal menjalani Ujian Sekolah Teori.Setelah aku pertimbangkan,nggak papa lah,lagian ngak lama eventnya,palingan JKT48 cuma 1 jam an,itupun udah lama.Abis nonton JKT48 bisa langsung pulang kalo benar-benar mepet waktunya.

Paginya aku infokan acara ini ke Yoga dan dia setuju untuk datang,karena ending-ending ini dia emang suka sama anime,tepatnya sejak setahun yang lalu.Fix,tinggal nabung buat bayar tiket masuk dan BOOM,nonton JKT48 sepuasnya.Kalo si Yoga mau foto-foto sama Cosplayer mah terserah dia.Aku foto-fotonya setelah JKT48 perform aja.

Hari-hari sebelum event,aku selalu cek FP dari CLAS:H,terutama rundown acaranya.Dan aku lihat JKT48 perform dari jam 14.30 sampai 15.20 WIB.Mantap!!!

Sebelumnya aku pernah ketemu member JKT48 di salah satu event mereka di DS Mahagita  JKT48 2016,tahun lalu.Waktu itu member yang datang ada 6 orang,yaitu Shanju,kak Viny,kak Ve,Nabilah,Shani,dan ci Desy.Sedangkan sekarang yang datang kemungkinan 16 member JKT48,karena mereka bakal perform selama 1 jam di JEC.

Di Hari-H aku bersiap untuk ke JEC.Rencananya aku dan Yoga akan berangkat ke sana abis Dhuzur.Tapi baru sekitar pukul10.30 WIB Yoga udah dateng ke rumah.

'Lho kok belum siap-siap?'kata Yoga yang melihat aku yang kebetulan emang belum ngapa-ngapain dan masih pake celana kolor.

'Lha kan aku dah bilang,kita berangkat abis dhuhur,'jawabku'Yaudah masuk dulu aja,'

Yogapun masuk ke rumah dan coba buat main PES 2017 ku sebentar sedang aku bersiap-siap untuk datang ke event.Sekitar pukul 12.20 WIB kami berangkat dari rumahku.Karena kami berhenti dulu di rumah Yoga karena dia mau sholat dulu,sedangkan aku malah udah sholat duluan di rumah *lol.

Sekitar pukul 12.30 kami berangkat.Setelah menempuh 20 menit perjalanan kami sampai di JEC,dan kampretnya parkiran di JEC udah penuh sampai ke pinggir jalan.Kami lalu memarkirkan kendaraan dan meminta karcis parkir.

Dan hokinya kami adalah karena keadaan ramai sampai para tukang bubur parkir di JEC kerepotan,jadinya kami yang harusnya bayar parkir 5000 jadi cuma bayar 4000 gara-gara Yoga kelamaan nyari uang seribuan.

'Nggak papa lah itung-itung ngirit di tanggal tua,'kataku ke Yoga.

Tapi ternyata di balik keuntungan itu ada bahaya yang lebih mengancam yaitu ANTRIAN MASUK Event CLAS:H yang gila panjangnya.Mulai dari ujung timur gedung JEC hingga ujung barat.Ini antrian masuk event atau antrian sembako gratis sih panjang amat.


Tapi karena nggak yakin itu antriannya kami mencoba melewati mereka dan menerobos masuk ke JEC.Di teras *ntahlah apa namanya sudah banyak orang yang lalu lalang,dari orang biasa,cosplayer,sampai sopir UBER.Kami terus berjalan ke arah timur dan mendapati Hall B JEC (kalo nggak salah dimana orang bebas keluar masuk)

‘Mungkin disini,Nggit,’kata Yoga.

Aku melihat sebentar pintu masuk ruangan kemudian menarik Yoga.

‘Eh,itu mah acara Job Fair nya UGM noh,’kataku sambil menunjuk tulisan di dekat pintu yang bertuliskan acara event Job Fair nya UGM.

Kami lalu lanjut menyusuri lorong ke arah timur.Antrian yang kami lihat tadi juga masih mengular sampai ke ujung timur.Karena aku ada firasat bahwa itu adalah antrian untuk beli ticket masuk event,aku coba untuk tanya ke salah satu orang disana.

'Mas,antrian untuk masuk event CLAS:H dimana ya?'

'Itu,'kata seorang mas-mas sambil nunjuk antrian yang sedari tadi kami lihat.

'Yang panjang banget itu?'

'Iya,'

Damn.Benerkan feeling aku.Aku dan Yoga pun lalu kembali menyusuri lorong tadi sambil mencari dimana ujung antrian ini.Sepanjang perjalanan aku melihat banyak Cosplayer yang berlalu lalang,mulai dari Ram dan Rem,duo lolly maid dari anime Re Zero sampai beberapa karakter yang nggak aku tau.

Setelah berjalan cukup lama,kami pun sampai di ujung antrian yang ada di pojok barat gedung JEC.Kami lalu mulai mengantri disana.Tepatnya di belakang rombongan orang yang salah satunya memakai kostum Spiderman.Beberapa menit kemudian dibelakang kami juga sudah mengantri beberapa orang lain,termasuk diantaranya dua orang cewek cosplayer (kalo nggak salah sih pemilik akun IG : @indaharumn,kalo nggak salah ya).

Dan kami mulai mengantri.Lima menit,sepuluh menit,dua puluh menit,sampai akhirnya setengah jam.Kami baru sampai setengah jalan.Jam sudah menunjukkan pukul 13.45WIB.Artinya 45 menit lagi JKT48 perform.Bisa-bisa ketinggalan perform nih,tau gitu berangkat dari jam 09.00 WIB dah,batinku.

Karena hari itu matahari bersinar dengan cerah (baca: PANAS) omongan-omongan aneh mulai terlontar dari mulutku.Apakah antriannya macet di tengah jalan,apakah mas-mas Spiderman di depanku nggak kegerahan,sampai bacotan abstrak seperti buruan kek,Boruto keburu wisuda ini,karena kebetulan aku memakai kaos bergambar Boruto hari itu.

'Mas,nanti itu eventnya apa aja sih?'kata salah satu cowok di depan aku.

'Oh ini nanti ada anisong competition,cosplay competition gitu Mas,'jawabku sambil mengingat postingan akun Facebook CLAS:H yang aku baca beberapa hari sebelumnya.

'Oh gitu,kalo Mas kesini mau ikut kompetisi atau cuma mau nonton,'

'Saya cuma nonton kok,kalo Mas?'

'Saya juga,'jawabnya lagi yang selanjutnya aku ketahui dia orang Kulon Progo.

Sempat terbesit di pikiranku untuk bertanya apakah temannya yang pakai kostum Spiderman nggak kegerahan,tapi aku urungkan.

Photo by : @jogjaupdate

Waktu mulai berjalan dan tibalah kami di tempat teduh (baca : teras JEC) tempat aku bertanya soal antrian tadi.Kampretnya adalah ketika kami sampai di tmpat teduh,mendadak langit mendung sehingga antrian di belakang kami nggak kepanasan (dunia kadang memang tidak adil).Dan sialnya lagi,ternyata antriannya masih panjang.Padahal jam sudah menunjukkan pukul 14.14 WIB,bisa ketinggalan performnya JKT48 nih,pikirku.

Semakin ke arah timur antrian semakin melambat,aku makin was-was karena jam perform JKT48 sudah dekat.Karena tujuan utamaku untuk ke CLAS:H adalah nonton JKT48.Setelah itu baru deh hunting  foto dan video di event CLAS:H.

Tapi menunggu antrian yang kian melamban nggak sepenuhnya membosankan.Karena sejak ada di tempat teduh,banyak cosplayer yang berlalu lalang,mulai dari Zoro,Rika,sampai Boboi Boy.Aku sampai mikir jangan-jangan ada yang ngosplay jadi Ardit dan Sopo Jarwo.

Terlihat juga cosplayer dari game dan acara terkenal,seperti rombongan cosplayer PB (yang sekilah mirip Densus),peserta Benteng Takeshi,hingga char game DotA.Tapi tetap saja aku was-was karena jam sudah mendekati waktu perform JKT48.

Waktu sudah melewati 14.30WIB yang artinya JKT48 sudah memulai performnya.Terlihat dari para cewek-cewek yang heboh lari-lari sambil bilang 'Eh JKT48nya udah mulai,' sedangkan aku masih terjebak di antrian terkutuk ini.

Sekitar 20 menit kemudian barulah aku sampai di loket tiket,dan ternyata tiketnya habis.Alhasil aku cuma mendapat tiket berupa tatto dari spidol gas bertuliskan CLAS:H.Nggak papa lah yang penting masih sempet nonton JKT48.

Dan akhirnya kami masuk dan disambut oleh Security penjaga pintu masuk (njay).Setelah diperiksa tatto di tangan kamipun masuk ke venue.Aku langsung mendengar lantunan lagu Scrap And Build dari JKT48 Team KIII.Dan benar saja ketika mendekat ternyata anak-anak KIII yang datang ke Jogja.

Dan kini aku melihat para bidadari itu lagi.Terakhir aku melihat mereka adalah setahun yang lalu.Apalagi sekarang ada member yang pertama kami aku lihat secara langsung.Mereka adalah Gracia,kak Naomi,kak Ayen,kak Nat,dan si Limited Edition,Yupi.Sedangkan 2 member lainnya aku sudah pernah berjumpa,dua orang Oshi kesayanganku,Capt Viny dan Shani.

Photo by : @officialJKT48

Sebenarnya ada 8 member yang perform (nggak termasuk kak Achan,karena dia hanya host) yaitu kak Viny,Shani,Gracia,kak Ayen,kak Naomi,kak Nat,Yupi,dan Acha.Tapi selama mereka perform,hanya Acha yang nggak terlihat,hanya dia.Mungkin karena dia ada di sisi lain stage dari tempatku berdiri.

Dan lagu Scrap And Build selesai.Terdengar suara indah dari kak Viny dan Yupi yang sedang berbicara tentang konser Believe yang akan diadakan di Jogja.Setelah itu mereka lanjut ke lagu berikutnya,Pesawat Kertas 365 Hari.Lagu ini lagi yang ku dengar,yaa emang jodoh aku kali ni lagu.

Kembali aku menikmati alunan lagu slow dan penuh makna ini.Dan ketika lagu ini berakhir,para memberpun memberi ucapan terima kasih dan turun dari panggung.Shit,cuma kebagian 2 eh 1 setengah lagu doang.Tau gitu berangkat dari pagi.

Padahal JKT48 hari itu perform 6 lagu yaitu : Saiko Kayo,JKT48 Festival,Kibouteki Refrain,Mae Shika Mukanee,Scrap And Build,dan Pesawat Kertas 365 Hari.

Tapi ya,harap bersabar ini ujian.Memang mengecewakan.Seenggaknya aku sempat melihat mereka perform.Apalagi mereka melambaikan tangan sebelum turun panggung cukup lama,terlebih Shani yang ada di depanku yang melambaikan tangan dengan gemulainya.Melihat itu saja sudah CUKUP kok.

Setelah moment 3 menit membahagiakan itu,aku menghampiri Yoga yang sedang liat motor-motor yang ditempelin stiker anime.

'Udah,'katanya.

'Udah,udah kelar,tau gitu berangkat dari jam 9,'kataku.

'Tadi diajakin nggak mau,'

'Yaudah sekarang mau hunting foto cosplayer nggak?Noh ada Kaneki di belakang kamu,'kataku.

Yoga sejenak menengok.

'Nggak mirip,kita cari ke sebelah sana aja,'katanya sambil menunjuk ke both foto cosplayer CLAS:H

Kami lalu menuju ke tempat yang dituju Yoga,yaitu both foto cosplayer di sebelah kanan panggung (dari view penonton).Di tengah perjalanan terdengar suara yang tak asing lagi di telingaku.Suara dari seseorang yang ingin aku jumpai di event ini.Dia adalah sang host event CLAS:H,kak Achan JKT48.

Photo by : @masked738

Oshi pertama dan paling aku banggakan itu berdiri di atas panggung memandu acara CLAS:H bersama kak Genki,salah satu komedian dari Jepang (yang sebenarnya aku dah nonton dia di Youtube nya Studi Banting).Otomatis aku menoleh dan melihat ke arah panggung,gadis cantik yang selama ini aku kagumi dengan kawaiinya memandu acara itu.Untung aja aku nggak nabrak karena meleng dan terlalu fokus ke kak Achan.

Demi keselamatanku daripada nabrak orang dan dari gejala diabetes karena terlalu lama memandang kak Achan aku mulai fokus hanya lihat ke depan karena jika menoleh (malah nyanyi).

Sekilas aku melihat seseorang yang aku kenal mas Arif,salah satu fans JKT48 dari komunitas JKT48 Bantul Fans,komunitas dimana aku masuk grup BBM nya tapi belum sempet ikut gath.Sebenarnya aku sempet liat dia juga pas ngantri di luar tadi,tapi karena nggak yakin ya nggak aku sapa.

Begitu pula kali ini,aku juga nggak yakin sih dia orangnya,bisa-bisa kalo salah malu sendiri.Dan akhirnya aku melakukan hal jika kalian ragu untuk menyapa orang yang sebenarnya kalian kenal yaitu,buat dia yang nyapa duluan (thuglife).

Tapi sepertinya dia lagi kumpul bareng temen kuliahnya jadi aku langsung ngacir ke sekumpulan cosplayer yang sedang ngantri di both foto dan pendaftaran Single Cosplay Contest.Bukannya menghindar,tapi karena Yoga keburu ngebet foto sama Gilgamash (ntah tulisannya gimana).

Setelah motoin dia bareng si Coser Gilgamash aku minjam hp Yoga untuk hunting foto dan video event CLAS:H Jogja ini.Nggak kebagian foto-foto member,cosplayer pun jadi.Beberapa kali aku take video dan foto di both foto.Ada satu cosplayer yang mungkin membuatku agak kaget.Dia adalah kak Lolita (aku taunya setelah searching di rumah).Dia ngosplay char yang menurut aku cukup berani (lu cek aja deh IG).

Tiba-tiba HP Yoga mulai berdering.Memang sejak di pendaftaran tadi Yoga sering mendapat telfon.Kemudian dia mengangkat telfonnya dan berdiri di sammping panggung.Sedangkan aku memanfaatkan moment ini untuk nonton kak Acha yang sedang memandu acara games di panggung.

'Eh,Nggit,sini,'sebuah suara mengejutkanku.

Dia adalah mas Arif.Dia memanggilku untuk mendekat.Aku pun mendekat dan ternyata disitu sudah berkumpul anggota JKT48 Bantul Fans.Ya,artinya rencanaku sukses untuk disapa duluan.Keraguan itupun hilang.

'Eh,Nggit temen-temenmu itu disini,'katanya.

Aku hanya tersenyum dan mengangguk.Sebenarnya aku ingin melontarkan joke nggak tuh temen aku disana lagi telfon tapi takut di massa sama mereka.

'Eh ini Anggit,Anggit,'kata mas Arif memperkenalkanku.

Sebenarnya aku sudah cukup kenal dengan mereka karena sering kontak an di BBM tapi melum sempat ketemu langsung.Kaya mas Arif,Ardian,Ardiyati (ntah mereka saudara atau gimana) dan... dah mereka bertiga doang yang aku kenal pasti.Ardian temen ngobrolku tentang Oshi kami yang sering tertukar antara Anin yang jadi bahan delusinya,dan Okta yang oshinya jadi bahan vidgramku.Sedangkkan mak Ar,kami sering ngobrol soal curhatan cewek kayaknya.

Aku lalu menyalami mereka dan mencoba mengakrabkankan diri.

'Kamu ke sini sendirian aja,'tanya mas Arif.

'Nggak,tuh sama temenku,dia lagi telpon,'jawabku.

Kamipun mulai ngobrol sebentar.Sampai ceritaku tentang antrian terkutuk yang membuatku telat nonton JKT48.Mas Arif malah menimpali dengan topik perform Shani.

'Okta,apaa,sumpah kocak tuh video,'mas Arif langsung nyambung ke vidgram aku waktu collab ama video Twitter Okta.

Aku sendiri cuma ikut ketawa.Kenapa itu lagi yang dibahas setiap ketemu orang.

'Sekarang kamu udah jadi SelebGram ya,'katanya lagi.Ya,cuma mas arif yang ngajak ngobrol hari itu.

'Iya,'aku asal iyain saja.

Padahal kalo dipikir Selebgram mana yang followersnya belum tembus 1000 orang.

'Eh kapan-kapan ikut gath dong Nggit,kamu orang Pajangan kan,bareng dia aja dia juga orang Pajangan,'kata mas Arif ngenalin dia ke seseorang.

Kami pun mulai mengobrol dan aku tau kalo dia orang di Kamijoro,satu kawasan dengan SMP ku dulu.Kami bertiga mulai ngobrol sambil basa-basi sebentar.Tentang event MnGnya Andela dan sebagainya.

Aku juga kenalan sama mas Wahyu.Walau sebenarnya kami juga sering ngobrol digrup,tapi baru kali ini aku ketemu dia.Bahkan aku kira dia temenku yang lain di grup,Ajis.Tapi kayaknya salah besar sih,karena mas Wahyu ini enak diajak ngobrol,kalo si Ajis,yaa enak juga sih tapi kadang ngeselin.

Kami sempat ngobrol dia orang mana,dan ternyata rumahnya di dekat tempat wisata Puncak Becici.Jujur,aku belum tau Puncak Becici.

'Rumah aku itu di deket tempat wisata Puncak Becici,tau?'kata mas Wahyu.

'Iya,'jawabku,padahal aku nggak tau blas,cumas sempet liat plakatnya aja,kao tepatnya nggak tau.

'Nah,sebelum Puncak Becici kan ada tanjakan cukup curam kan,nah rumah aku di sekitar situ,'

Aku cuma mengangguk padahal nggak ngerti letaknya sama sekali.

Jangan kan area wisata Jogja,area wisata Bantul aja belum semua aku tau letaknya.Tapi demi nyambungnya obrolan dan keakraban kami,aku cuma iya in aja.Maaf kan sama mas Wahyu.

Tiba-tiba Yoga menghampiri aku.Aku memberi kode mata bahwa aku memperkenalkan Yoga,sambil menyenggol tangan Yoga agar berkenalan.Tapi nggak ada yang paham.Memang caraku berinteraksi agak aneh juga sih.

Sejenak aku teringat bahwa aku mau foto sama Coser Naruto dan yang lain.Aku lalu ngajak Yoga buat foto-foto dan berpamitan dengan mereka.Partner baruku dalam hal idoling.

Aku dan Yoga pun memulai hunting foto dengan para Cosplayer di event ini.Mulai dari cosplayer Naruto,Sasuke,Sai,Luffy,Zoro,Rem dan lain-lain.Sembari sesekali aku membuat video untuk Youtube Channel aku dengan HPnya Yoga.

Beberapa moment yang berkesan saat aku foto dengan para Cosplayer ini.Salah satunya ketika kami berfoto dengan Cosplayer yang bahka kami nggak tau dia sedang cosplay jadi siapa.Yang penting foto aja.Kemudian ada juga cerita foto dengan cosplayer Hatsune Miku yang akhirnya ketemu dia lagi sehabis maghrib dengan kondisi dia sudah berhijab.Lalu cosplayer Zoro dari One Piece yang gaya fotonya selalu sama.


Moment kedua adalah ketika aku berfoto dengan cosplayer Rem dari anime Re Zero.Dia ternyata pendiam banget.Entah itu karena pendalaman karakternya atau emang dia pendiam.Yang jelas adalah,cosplayer Rem hari itu cukup banyak.Sejak di atrian tadi sampai akhir,aku hitung ada sekitar 4 Coser Rem.


Ada juga moment ketika aku foto bareng dengan karakter Saber.Kebetulan dia bersama dengan karakter Gilgamash,jadi aku foto bareng mereka sekaligus.Takut menyinggung kalo dia nggak aku ajak karena tadi aku nggak foto sama dia.

Dan moment yang selalu terjadi dimanapun aku berada yaitu jadi tukang foto.Itu terjadi ketika yoga sedang berfoto dengan seorang cosplayer,eh pas ada mas-mas bilang saya sekalian ya sehabis dia.Yah,nasib emang kalo seorang yang punya bakat fotografi.

Tapi naasnya pas aku disuruh mas Arif buat fotoin komunitas dengan DSLR malah aku sendiri kebingungan,sampai temennya mas Arif yang akhirnya fotoin kami.Maafkan (kan udah dibilang aku belum pernah pake DSLR).

Moment lain yang cukup kampret adalah ketika aku foto dengan pemilik akun Instagram @blank271.Sebenarnya Yoga yang ngebet foto sama dia karena itunya besar (baca : weaponnya)berupa sabit raksasa.Tapi ketika aku minta foto dia malah bilang 'Mau minjem sabitnya aja,',walau akhirnya kami foto bareng juga.


Tapi yang ngeselin dari cosplayer satu ini adalah dia orangnya nggak bisa diem,gerak mulu.Jadinya susah buat dapetin hasil yang bagus.Dan efek lainnya aadalah dia mulai iseng nendang kakiku dan sabitnya kena kepala Yoga.Fix,cosplayer yang enak diajak ngobrol tapi susah diajak foto.

Moment terakhir adalah ketika aku berfoto dengan Coser Mirai Kuriyama.Waktu itu aku sedang mau meliput store-store yang ada di sebelah both foto,sekilas aku melihat cewek cosplayer yang familiar banget.Tapi nggak aku hiraukan karena aku ngincar video untuk Youtubeku.

Dan setelah berhasil aku kembali mendekati panggung,dan aku masih lihat si cosplayer di sana.Masih berdiri menghadap stage.

'Itu cosplayer siapa sih?'tanyaku.

'Itu Mirai Kuriyama,mau foto sama dia,'tanya Yoga

'Boleh,'

'Ya,sana minta,'lata Yoga.

'Kampret kan,sedari tadi aku mulu yang minta foto,'kataku.

Tapi karena aku benar-benar merasa familiar dengan dia,akupun ngajak dia foto bareng,disusul Yoga.Dan hasilnya dia natural banget.Tapi siapa dia aku masih nggak tau.Baru hari ini,ketika aku browsing foto di Instagram dan mendapati akun dia, @zhavanyameidi.Setelah aku ingat-ingat,lha ini mah kak Nya di Youtube Rewind Jogja yang jadi Awkarin.Tau gitu ngajak dia collab vidgram aja.Pantesan familiar banget.Masih satu hobi kita.


Setelah berfoto dengan kak Nya.Aku dan Yoga merapat ke stage untuk meliput MCnya kak Achan sambil menonton Single Cosplay Competition yang akan digelar.

'Eh,Nggit kita pulang duluan,ya,'sebuah suara mengejutkanku yang ternyata mas Arif,disusul anak-anak lain.

'Ok,Mas,'jawabku.

'Dari jam berapa?'tanyaku ke Ardian yang juga ikutan pulang.

'Udah dari jam 9 tadi,'jawabnya.

'Ok,'jawabku.'Benerkan,mending berangkat dari jam 9 tadi,'batinku.

Kamipun sampai di depan stage yang sudah penuh oleh penonton lain.Ketika Single Cosplay Competition dimulai kami semua disuruh duduk,lalu kak Achan dan kak Genki memperkenalkan para jurinya.

Yang pertama adalah kak Lolita yang bercosplay extrem tadi.Bahkan kak Achanyang coba nutupin malah disuruh minggir sama penonton #sadis.Lalu ada mangaka dari Jepang Oyster-san yang juga mendesain REIA,mascot CLAS:H 2017,dan terakhir seorang gadis yang mengosplay sebagai Rem.

Bedanya dia terlihat perfect sebagai Rem.Yang akhirnya setelah browsing dia adalah Angie,cosplyaer asal negeri Jiran,Malaysia dengan akun Instagram @angie7099.Wah kalo tau dia cosplayer Internasional kemaren minta foto sama dia juga.Tapi sayang nggak sempet.Maybe next year.

Sebelum Single Cosplay Competition dimulai aku ketemu lagi sama temen aku di JBF tadi.Dia yang orang Kamijoro (aku lupa nanya namanya) yang ternyata bernama mas Dhani (baru tau setelah dia follow Twitter  aku).

'Eh,balik jam berapa?'tanyanya

'Entah,palingan bentar lagi,terserah temen aku,'jawabku.

'Sampai selesai aja,'

'Sampai jam 8?'tanyaku.

'Jam 7,'jawab mas Dhani.

Keliatannya tinggal dia sendiri yang nonton acara CLAS:H.Hal ini karena Mas Arif dan anak-anak yang lain udah pulang dari jam 16.00 WIB tadi.Cuma ada 2 kemungkian kenapa dia masih nonton acara CLAS:H.Pertama karena dia suka acara yang berbau anime dan yang kedua karena dia oshinya kak Achan.So,simple.

Acarapun dimulai dengan iringan lagu Doraemon dan para cosplayer mulai memasuki stage.Jujur,ini pertama kalinya aku nonton Cosplay Competition,jadi aku agak kikuk nontonnya.Tapi aku tetap menikmatinya.

Mulai dari cosplay Naruto,Miku,Totoro,Umaru,dan all Crew Topi Jerami di One Piece.Walau sebenarnya ada beberapa cosplayer yang agak 'maksa' buat ngosplay char favorite mereka tanpa mempertimbangkan kecocokannya dengan mereka.

Selain itu ada juga beberapa Cosplayer yang mengangkat tema Cosplay Kreasi Sendiri,seperti Cosplaynya Awkarin yang dipadu dengan Cosplayer Benteng Takeshi yang sukses membuat penonton ketawa.Ada juga cosplayer char game Metal Slug yang akhirnya setelah show aku ajak foto bareng.

Dan tibalah pemenang,dan beberapa pemenangnya dalah mereka yang cukup unik seperti cosplay si lucu dan besar Totoro,cosplaynya parody Awkarin,dan cosplaynya akun @Poypoi13817 sebagai Astolfo dari anime Fate Grand Order.Apalagi cosplayer Totoro yang dapet peluk dari kak Lolita yang kostumnya *youweslah.

Tapi ada beberapa hal yang aku sayangkan hari itu.Selain ketinggalan performnya JKT48 tentunya.Yaitu aku gagal berfoto dengan beberapa cosplayer.Seperti Totoro.Sebelum Single Cosplay Competitoon dimulai aku sudah minta foto sama dia,tapi dia bilang nanti.Eh,pas selesai malah kasian aku liat jalannya udah kesusahan.

Aku juga nggak sempat foto bareng kak Angie karena nggak tau kalo dia adalah cosplayer International.Apalagi dia cocok banget ngosplay sebagai Rem.Aku juga nyesel nggak sempet foto dengan kak Indah Harum,pemilik akun @indaharumn yang sebenarnya cocok banget jadi Ilyasviel von Einzbern.Atau gagal foto dengan pemilik akun @dumbadumcess yang menurutku cukup keren di atas stage.

Ada juga penyesalanku nggak bisa foto dengan seorang cosplayer cewek yang pakai kostum mecha setengah badan berwarna putih yang kulihat saat menuju ujung antrian masuk dan di samping stage ketika dia sedang makan.Dan juga nggak bisa foto bareng pemilik akun @kameaam yang ngosplay char D.VA dari game Overwatch.


Penyesalan lain adalah aku juga nggak sempet foto bareng cosplayer Awkarin,Peserta Benteng Takeshi,cosplayer Rika,kak Violetta dari store Winpii,kak Ayu Kireina pemilik akun @ayu.kireina dan cosplayer keren lainnya.

Tapi penyesalan yang cukup menyakitkan adalah aku nggak sempet atau tepatnya nggak tau kalau boleh foto bareng kak Genki.Aku baru tau pas lagi browsing di rumah pake PC.Apalagi aku kehabisan Mug REIA di both CLAS:H Merchandise.

Tapi sebelum pulang aku sempet foto bareng 2 Coser char game Metal Slug dan Mikasa Ackerman.Dan juga foto rare Luffy sedang Ashar di Mushalla JEC.




Dan karena kebetulan saat kami mau pulang sedang hujan.Aku dan Yoga pun neduh sebentar di teras JEC sambil nonton orang Wotagei sambil memposting foto di Instagram.

Sesampainya di rumah aku langsung online,padahal besoknya Ujian Sekolah.Aku cukup bigung.Mau ngepost foto masih di HPnya Yoga sama video yang mau aku edit juga.Akhirnya aku putuskan buka Instagram dan Twitter via PC.

Dan iseng aku mengetweet soal event CLAS:H tadi.Beberapa menit kemudian notif Twitterku berbunyi.Cukup banyak yang merespon tweetku barusan.Setelah aku scroll  ke bawah aku notif yang membuatku gembira banget.

Tweetku di retweet kak Achan,ya Achan JKT48.Tapi karena sebelumnya aku pernah mendapati hal semacam ini dan ternyata akun fake.Aku coba cek dulu dan ternyata asli.Itu milik kak Achan.Aku benar-benar senang sampai aku screenshot.Dan kemudian aku tweet bersamaan dengan  ucapan terima kasihku untuk kak Achan.


Dan beberapa menit kemudian ada yang aneh.Tweetku di Unretweet kak Achan.'Damn,kok di Unretweet?'batinku.Aktau mungkin dia tadi cuma salah pencet.Aku refresh ulang twitter kak Achan dan hasilnya,beneran di Unretweet.


Kesel sih di PHP in gitu,apalagi sama Oshi sendiri.Tapi setelah aku pikir lagi ya nggak papa.Soalnya kak Achan pasti lelah ngehost seharian jadi wajar kalo dia salah pencet.Apalagi twitterku yang udah aku rombak jserba CLAS:H dari ava,header,dan ID name,jadi wajar kalo kak Achan terkecoh.

Untung cuma salah retweet coba kalo di follow abisa itu di unfollow,wah bisa stress.Lagian kan nggak enak sama fans lain.

Lagipula tujuanku cuma mau nunjukkin kalo aku udah pulang dari event CLAS:H,sesimple itu.Apalagi udah liat kak Achan,kak Viny,Shani dan member JKT48 lain,para cosplayer yang keren,dan kak Genki,ditambah suasana yang bau pertama kali aku rasakan.

Jujur hari itu aku nyaman banget di sana.Walau aku nggak kenal banyak orang di sana tapi aku merasa kalo di sana kami memiliki relasi.Baik aku dengan para cosplyaer dan pecinta anime lain atau antara aku,member dan sesama fans JKT48.This is one of my best experience.

Thank you CLAS:H Jogja 2017,JKT48,JEC,JKT48 Bantul Fans,all Cosplayers ,and Partisipant on Sunday,February 26th 2017.See you next year.

Thanks for Reading.

Matur Nuwun.

Leave a Reply

Silahkan komentar.Kritik,saran,hinaan,ceban,goban,kami terima.Hidup seperti Larry

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Laugh Hunter - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -