Posted by : Anggit Rigen Wednesday, 8 March 2017


Sepertinya tahun 2017 juga kurang memihak JKT48.Setelah awal tahun lalu terjadi Graduate Member yang cukup banyak,yaitu : 10 member dalam waktu kurang dari 2 bulan.Bahkan itu menjadi moment Graduate terparah selama karir JKT48 di Indonesia.Dan tahun ini pun hal itu masih terjadi.

Di mulai dari Jessica Vania alias Jeje,member JKT48 generasi pertama ini memuluskan untuk lulus dari JKT48 pada tanggal 26 Januari 2017 lalu.Alasan Jeje untuk keluar dari JKT48 adalah karena dia ingin mendalami kegiatan pianonya.


Jeje sendiri adalah salah satu member yang cukup diperhitungkan di JKT48.Dia sering kali mendapat kesempatan membawakan setiap Single JKT48.Total ada sekitar 6 single yaitu RIVER,Flying Get,Gingham Check,Kokoro no Placard,Beginner,dan Love Trip.Selain itu,member yang punya skill melawak ini sempat masuk sebagai Under Girls di Sonsekyou tahun 2015 dan 2016 lalu dan membawakan lagu Bokudake no Value dan  Dakishimecha Ikenai.Jeje juga termasuk dalam JKT48 Band dengan posisinya sebagai drummer.

Hal yang menarik dari Jeje adalah ketika dia terlibat skandal dia berani meminta maaf di hadapan semua fans dan terhindar dari pemecatan oleh management.Dia juga satu-satunya member JKT48 yang mampu membawakan lagu hasil Janken Competition yaitu Love Trip tanpa harus mengikuti Janken.Kala itu Jeje berhalangan hadir sehingga dia diwakili oleh sepupunya yang masih SD bernama Michele dan tak disangka dia berhasil membawa Jeje ke panggung Senbatsu.

Dan JKT48 Luar Biasa Handshake Festival kemarin menjadi Handshake terakhirnya di JKT48.'Aku bener-bener bersyukur bisa pernah ikut JKT48, bisa ketemu kalian, bisa handshake sama kalian, bisa kenal satu per satu kalian seperti apa, bisa kenal sama member. Itu yang bikin aku bener-benar kayak ‘ini lho enam tahun ini nggak sia-sia,'ungkapnya.Rencananya Jeje akan melakukan Last Show Theater pada tanggal 12 Maret mendatang.

Kemudian berlanjut di awal Februari,tepatnya tanggal 16 Februari 2016,2 member JKT48 juga memutuskan untuk resign dia adalah Nadhifa Salsabila atau Nadse [Team J] dan Chintya Wirawan [Trainee].Kedua member ini disebut-sebut sebagai member terkaya di JKT48.Mereka sering mempost barang-barang mewah di akun sosmed mereka.


Untuk Nadse sendiri dia adalah member generasi ke-3 JKT48.Ada rumor bahwa Nadse keluar dari JKT48 karena skandal.Terlebih lagi dulu tersebar foto mirip dirinya sedang ada di tempat dugem.Tapi hal itu tidak terbukti karena Nadse bersama fanbasenya Nadhifamily telah mengklarifikasi alasan kenapa dia resign.Sedangkan untuk Chintya saya pribadi tidak tahu.

Selama di JKT48,Nadse pernah masuk Senbatsu satu kali yaitu pada Single Love Trip dan satu kali masuk Under Girls pada Sonsekyou 2016 dan membawakan lagu Dakishimecha Ikenai.Nadse juga menjadi Member Line Up untuk setlist Te wo Tsuginagara ketika masih di Team T.

Pada 1 Desember 2016,dia bersama beberapa member Team T lain di reshuffle ke Team J dan membawakan setlist B.E.L.I.E.V.E Team J.Member yang terkenal sebagai salah satu fashion center di JKT48 ini juga sempat menggawangi JKT48 Dance Project dengan posisi sebagai DJ.

Bukannya mereda,Badai Graduate kembali terjadi.Pada 2 Maret 2016 Yansen Indiani atau biasa dipanggil Cesen [Team J] juga memutuskan untuk graduate dari JKT48.Member generasi ke-3 ini memutuskan lulus setelah hampir 4 tahun berkarir di JKT48.


Cesen sendiri dikenal sebagai member gen 3 yang memiliki wajah bulat serta pipi seperti bakpao.Dia masuk sebagai member Team T pada saat Konser Buah,Agustus 2015 dan di shuffle ke Team J tanggal 1 Desember 2016 lalu.Cesen pernah membawakan Single Love Trip setelah berhasil mengalahkan beberapa member lain di event Janken Competition 2016 lalu.

Dan kabar paling mengejutkan adalah graduatenya sang Ratu Sonsekyou sekaligus Dewi Fashion di JKT48,Jessica Veranda.Member generasi pertama ini mengumumkan kelulusannya secara mendadak setelah mini konser di JKT48 Luar Biasa Handshake Festival.Hal ini tentu saja membuat banyak fans JKT48 kecewa dan terkejut.Bukan hanya dari kalangan Veloved tapi semua fans JKT48.


Member JKT48 yang lainpun juga sama terkejutnya,terlebih semua member gen 1 yang menjadi teman seperjuangan Ve.Kinal yang menjadi sahabat karibnya selama hampir 6 tahun pun tak kuasa menahan tangis.Terlihat pula member dari generasi lain seperti Gracia dari gen 3 juga tak kuasa menahan tangis ketika seniornya itu memutuskan untuk lulus.


Ve adalah member JKT48 yang sangat melegenda.Dia adalah salah satu dari 3 member utama JKT48.Member yang baru saja menyelesaikan kuliahnya itu selalu masuk dalam Senbatsu Single JKT48.Dia hanya absen satu kali pada Single JKT48 Love Trip karena kalah adu janken dengan Alicia Chanzia.Mirip seperti Atsuko Maeda alias Acchan ex-member AKB48 yang juga hanya satu (atau 2) kali absen di Single AKB48.Kemiripannya bertambah karena Ve dan Acchan sama-sama dikenal sebagai member yang pemalu.


Selain itu Ve juga selalu menjadi member Line Up di setlist Theater Team J mulai dari Pajama Drive hingga yang terakhir B.E.L.I.E.V.E. Team J.Dia juga ikut serta dalam Pajama Drive Revival Show selama 2 tahun berturut-turut di tahun 2014 dan 2015 serta show Renai Kinshi Jourei di Anniversary ke-4 JKT48 Theater.Selain itu dia juga tergabung dalam JKT48 Band.

Dan yang paling membanggakan adalah dia adalah member pertama di JKT48 yang berhasil menduduki peringkat pertama Senbatsu Sonsekyou selama 2 tahun berturut-turut.Bahkan di AKB48 sendiripun hal ini sangat jarang terjadi.Veranda juga aktif di event luar kota yang diadakan JKT48,bahkan event ke Jepang sekalipun.

JKT48 Luar Biasa Handshake kemarin juga menjadi moment Handshake terakhirnya.Sedangkan untuk sebuah kado perpisahan Ve dibuatkan Single perpisahan yaitu So Long sekaligus menjadi centernya.Berbeda dengan Haruka yang diberi lagu khusus Yume no Kawa sebagai kado kelulusannya.Single yang rilis 8 Maret ini juga menjadi Single yang membuka Senbatsu Sonsekyou 2017.Namun sayang Veranda tidak akan ikut di Sonsekyou kali ini.

'Maaf kalau keputusan ini bikin kalian kecewa.Tapi selama aku masih jadi member JKT48, lets enjoy and cherish every last moment.'kata Ve diakhir pengumumannya.


Acara kelulusan Jessica Veranda akan diumumkan lebih lanjut.Veranda sendiri ingin sebuah konser kelulusannya seperti kelulusan Haruka Nakagawa.Tapi semua itu kembali ke management yang memutuskan.

Dan dengan lulusnya duo Jessica Vania dan Jessica Veranda maka member Generasi 1 atau Pioneer dari JKT48 hanya tersisa 9 orang yaitu Melody,Nabilah,Shania,Kinal,Achan,Beby,Gaby,Frieska,dan Sonia.

Dan bagiku sendiri,seorang Jessica Veranda memiliki tempat tersendiri di JKT48.Walau dia bukan Oshiku,tapi jujur ketika mengetahui dia grad aku langsung lemes,sedih,bahkan mau nangis di pojokan kamar.Dia adalah 1 dari 6 member pertama JKT48 yang aku temui.Tepatnya di JKT48 DS Mahagita Jogja.Dengan lembutnya dia tersenyum kepadaku saat Direct Selling.Tak ku sangka bahwa itu adalah pertemuan pertama sekaligus terakhir dengan Ve JKT48.Tapi aku berharap suatu saat aku dapat berjumpa lagi dengan seorang Jessica Veranda. #TerimakasihVeranda


Aku sendiri merasa bersalah karena tahun lalu memakai kata 'Badai' yang mana adalah julukan kak Ve di JKT48 pada postingan graduate massal JKT48.Dan ketika sekarang Sang Badai benar-benar graduate aku benar-benar merasa bersalah.Entah apa alasannya tak bisa ku jelaskan.Yang jelas aku akan tetap mendukung seorang Jessica Veranda.

Dan semoga saja ini menjadi postingan terakhir tentang Graduate Massal di JKT48.Dan ke depannya tidak ada member yang Graduate dalam, waktu dekat.Dan untuk kak Jeje,Nadse,Chintya,Cesen,dan kak Ve : Sukses ya diluar JKT48.Gganbatte to reach your dream.

#TerimaKasihJeje
#TerimaKasihNadse
#TerimaKasihCesen
#TerimaKasihVeranda

Thanks for Reading.

Matur Nuwun.

Leave a Reply

Mau berkomentar???
Silahkan Komentar,Kritik,Saran,Jualan semua boleh.Yang nggak boleh disini hanya menghina.
Karena menghina tidak memberikan manfaat apa-apa

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Laugh Hunter - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -