Posted by : Anggit Rigen Monday 4 July 2016


Sore Mas dan Mbak...

Wah nggak kerasa bentar lagi sudah mau Lebaran aja *kayaknya baru kemaren sahur pertama.Ngomongin soal lebaran,apa sih yang kalian paling khas saat lebaran?THR,mudik,sholat Id,nastar,baju baru,atau moment maaf-maafan?

Nah,kali ini aku bakal bahas hal yang berkaitan dengan Lebaran.Mulai dari moment menjelang Lebaran hingga Lebaran itu tiba.

1.Mudik


Mudik adalah kegiatan seseorang untuk pulang ke kampung halaman setelah sekian lama merantau ke tempat orang.Mudik berasal dari bahasa Jawa mulih dilik (pulang sebentar).Nah,bagi kalian yang sedang mudik,hati-hati di jalan dan pastikan kalian ingat dimana kampung halaman kalian.Kalo nggak inget?Cari aja di Daftar Isi.


2.Malam Takbiran


Di malam ini,warga biasanya membayar zakat fitrah di masjid.Setelah itu mereka mengumandangkan takbir semalam suntuk,bahkan sampai pagi sebelum sholat Id.Selain itu,biasanya juga diadakan lomba takbir dan pesta kembang api dan petasan.

3.Sholat Id


Sholat dengan takbir yang lumayan banyak.Warga biasanya sangat antusias untuk sholat Id.Masjid yang biasanya sepi,bisa jadi penuh ketika sholat Id.


4.Ziarah Kubur


Sama seperti ketika akan menyambut bulan suci Ramadhan,ziarah kubur juga sering dilakukan ketika Lebaran.Biasanya setelah sholat Id,seluruh anggota keluarga besar akan pergi bersama-sama ke makam sanak saudara yang sudah meninggal.

5.Ketupat


Nah,ini nih yang paling identik dengan Lebaran,KETUPAT.Ketupat adalah hidangan khas Asia Tenggara maritim berbahan dasar beras yang dibungkus dengan pembungkus terbuat dari anyaman daun kelapa (janur) yang masih muda. Ketupat paling banyak ditemui pada saat perayaan Lebaran, ketika umat Islam merayakan berakhirnya bulan puasa.(wikipedia).Bisa bikin ketupat nggak?

6.Baju Baru


Biasanya ketika Lebaran kita akan mendapat baju baru.Ada yang dapat 1 pasang,2 pasang,atau yang nggak dapat juga ada.Tenang masih ada baju tetangga yang lama.Toh yang penting ketika Lebaran itu bukan baju baru tapi hati dan sikap kita yang baru.Menjadi lebih baik dari sebelumnya.


7.THR


Ini nih yang paling ditunggu semua orang saat Lebaran.THR.THR adalah sejumlah uang yang diberikan kepada sanak saudara kita yang masih anak-anak (biasanya sudah besar tapi beluum kerja juga masih dapat).Selain itu,THR juga diberikan bos kepada bawahannya ketika menjelang cuti Lebaran.Tapi kenyataan pahit dari THR adalah semakin tua umurmu,semakin menipis THRmu.Bahkan bagi mereka yang sudah kerja bukannya dapat THR malah dapat pertanyaan 'Kapan nikah?'.Kasian.

8.Kue Lebaran


Ini juga menjadi sesuatu yang ditunggu ketika Lebaran.Biasanya jika kita berkunjung ke rumah saudara atau tetangga kita akan disuguhi berbagai kue Lebaran.Mulai dari nastar,kue kering,sampai roll egg.

Hanya saja HATI-HATI dengan kaleng kue Lebaran satu ini.


Sudah banyak warga Indonesia yang tertipu olehnya.Sering sekali apa yang didalam tidak sesuai dengan gambar.Gambarnya sih kue Lebaran,eh pas dibuka isinya rengginang atau krupuk.So,be careful!!!

9.Halal bi Halal


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia,Halal bi Halal berarti “Acara maaf-memaafkan pada hari Lebaran”.

Sebenarnya memang inilah yang paling penting ketika Lebaran.Ketika Lebaran kita disuruh untuk saling bermaaf-maafan kepada semua orang.Di hari itulah kita merayakan kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa.Di hari itu kita kembali suci dan bersih.

Nah itu tadi beberapa hal yang berkaitan dengan Lebaran.Bagaimana,sudah siap menyambut hari kemenangan yang tinggal menghitung hari?Ingat yang penting itu bukan tentang barang-barang baru.Tetapi yang terpenting adalah kita menjadi orang yang baru.Menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya.

Sekian dulu dari aku.Dan di postingan kali ini saya selaku penulis blog ini ingin mengucapkan kepada seluruh pembaca dan pengunjung blog ini dimanapun kalian berada

'SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1437 H.MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN.MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN.'

Thanks for Reading.

Leave a Reply

Silahkan komentar.Kritik,saran,hinaan,ceban,goban,kami terima.Hidup seperti Larry

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Laugh Hunter - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -