Posted by : Anggit Rigen Friday 6 May 2016


Siang Mas dan Mbak...

Senin (2/5/16) lalu,Aku dan Dedy nonton acara Stand Up Nite (SUN) pertama milik komunitas Stand Up Comedy Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.Acara itu berlangsung di Aula SMSR di daerah Kasihan,Bantul.Cukup deketlah dari rumah.Lagian harga tiketnya murah,cuma 35 ribu kalo COD ,50 ribu kalo On The Spot,dan promo 50 ribu dapet 2 untuk yang COD.Aku dan Dedy pilih yang 50 ribu dapet 2,biar ngirit.

Alasan aku mau nonton acara ini adalah karena ada bang Hifdzi Khoir dan om Radit Vent.Lagian aku juga mau liat gimana sih acara Stand Up secara off air.Dan alasan kedua,karena acara ini dipromoin ama member JKT48 pas interview di JIZ fm pas event Direct Selling Mahagita 24 April lalu (alasan macam apa ini).Pas aku tanya Mas-Mas Tiket nya sih yang minta promoin teman dari temannya yang kenal orang JIZ (ribet amat).

Ada kejadian cukup kampret ketika Aku dan Dedy mau COD dengan Mas-Mas Tiketnya.Jadi,rencananya kami janjian COD Rabu jam setengah 4 di UMY,tapi kami datengnya telat karena Aku sempat lost comunication ama dia.

Awalnya Dedy mau jemput aku buat COD an.Tapi karena nggak yakin motor di rumahnya nganggur atau nggak,jadi dia nyuruh aku buat jemput kalo seandainya motornya nggak nganggur.Aku nyuruh dia buat ngabarin lewat DM,tapi dia malah SMS ke nomor HP Bapakku (maklum nggak punya HP,masih rusak).Padahal seharian aku udah mantengin Twitter lewat PC.Dan kampretnya,Bapakku yang daritadi di rumah nggak ngomong kalo Dedy SMS.

Yang ngomong malah Mamakku.Itupun ngomongnya jam setengah 4.Padahal pas aku cek SMSnya  udah dari jam 2 siang tadi.Kampret gara-gara lost comunication jadi telat dah (maaf ya Mas-Mas Tiket).

Karena itulah di hari-H,aku mutusin kalo aku yang bakal jemput Dedy.Biar nggak lost comunication lagi.Walaupun konsekuensinya adalah aku bakal pulang sendiri dari tempatnya si Dedy.Tapi nggak papa lah,demi SUN #1 UMY.

Sore itu,aku ke rumah pamannya Dedy (dia itu anak rantau,dan tinggal bareng Pamannya).Aku dateng sekitar jam 5 sore.Belajar dari kesalahan,daripada telat mending keawalan aja datengnya.Tapi karena Open Gatenya jam 6 sore,jadi aku mampir dulu deh ke rumah Dedy.

Di sana aku ngobrol-ngobrol dulu ama Dedy sambil nunggu adzan Maghrib.Rencananya kami pergi setelah sholat Maghrib.Tiba-tiba pamannya Dedy dateng.

"Eh,Ded kamu jadi nonton nya?"
"Iya,Paman,"jawab Dedy.
"Sama adik ini?"
"Iya ama adik ini,"katanya sambil nunjuk aku.

Padahal aku ama dia kan tuaan aku.Kenapa jadi si Dedy yang manggil aku adik.Ya emang sih mukanya lebih tua dari aku,tapi itu nggak bisa dijadiin alasan lah.Tetep aku yang lebih tua (ini tua malah bangga).

"Ya,tapi sholat dulu,Islam,kan?"kataku pamannya Dedy ke aku.

Aku cuma mengangguk,lalu paman Dedy pergi.Aku dan Dedy sempet nahan ketawa.Soalnya hal ini pernah terjadi ke aku sebelumnya.Jadi,malah kaya de javu.

Dulu pas kelas 1,aku lagi ngobrol sama Dedy dan AG.Tiba-tiba kakak kelasku (sebut saja Y) dateng dan nawarin kami buat ikut pengajian gitu.Nah,kampretnya si Dedy ama Asep langsung nyletuk gini.

"Eh,Nggit lu udah masuk Islam,"kata Dedy,
Aku cuma memasang wajah kesel.Lha dari lahir juga aku udah Islam kali.Pake nanya nie anak,jelas-jelas udah tau,batinku.

Belum aku sempet jawab,malah si Y udah nyamber.

"Eh kamu non.Udah masuk Islam aja,seru loh.Kamu bisa sholat,puasa,haji,"
"Dari lahir aku udah Islam kali!!!"jawabku kesal.

Agama malah di buat candaan nggak lucu.Ditambah lagi si Y juga percaya.Padahal pas pesantren kilat dulu kan dia mentorku.Malah lupa ama anak didik sendiri.Kejam.

Balik lagi ke tadi.Aku dan Dedy masihh nahan ketawa.

"De javu banget dah tadi,"'kataku.
"Iya,sih.Untung lu nggak aku kerjain kaya dulu,"
"Ye,kalo lu kerjain kali,awas aja,"

Setelah beberapa lama,adzan Maghrib terdengar,kami lalu menuju ke masjid di daerah situ untuk sholat berjamaah.Setelah sholat kami lalu berangkat di SMSR.


Sesampainya di sana,kami langsung masuk,ke angkringan depan SMSR.Ya kami jajan dulu lah.Abis itu baru masuk ke dalam venue.Di venue kami disambut oleh Mas-Mas yang jualan baju.Katanya sih itu dari bang Hifdzi buat project film pendek #MirisBro *promoinlah.Desainnya cukup unik,dari tulisan Alm. (entah apa tujuannya) sampe Belum Sunath (aku sih udah).

"Ayo Mas,beli ini bajunya Hifdzi Khoir,cuma 100 ribu aja kok,"kata Mas-Mas yang gemuk.
"Iya,mas ini targetnya minimal 4 kejual,kalo nggak dicambuk kita.Jadi tolong bantuin."

Gila.Serem juga nih.Akhirnya aku putuskan untuk tidak beli.Nggak ada duit.Duitnya udah abis buat beli tiket.Maafnya nggak bisa nolong.

"Nggak papa Mas,liat-liat dulu.Maju ke sini,nggak bayar.Kalo di depan sini baru bayar,"kata Mas-Mas satunya.

Bukannya maju aku ama Dedy malah mundur.Takut disuruh bayar beneran.Kan lagi bokek.

"Tuh,pada mundur beneran,kan.Udah Mas kalo nggak beli juga nggak papa.Silahkan masuk ke aula aja,"kata Mas-Mas ketiga.

Aku dan Dedy lalu masuk ke aula.D isana udah banyak orang yang dateng.Akupun ngambil tempat duduk di baris ke-4 tengah.Sedang Dedy ngambil tempat di sampingku.Aku emang nggak minat duduk di depan.Soalnya ini kan kali pertama aku nonton Stand Up Nite.Takut jadi bahan MCnya dan nggak bisa bales.

Acara pun dimulai dengan opening dari MC.Mereka adalah Syangit dan Firman,Dua komika Stand Up Indo Jogja dari UII (Universitas Islam Indonesia) kalo nggak salah.Syangit pernah ikut Liga Komunitas Stand Up Kompas TV mewakili Stand Up Indo Jogja.Kalo Firman pernah ikut #SUCI5 Kompas TV bareng Rahmet dkk.

MC mereka berdua cukup menghibur.Emang Syangit udah beberapa kali jadi MC untuk Open Mic Stand Up Indo Jogja di Gejayan.Jadi dia udah berpengalaman.Mereka mencari bahan lawakan dari penonton.Dan kebanyakan menyasar ke anak kecil cewek dengan cewek hijab di baris depan.Untung nggak duduk di sana.

Dan malam itu,ada 8 komika yang menghibur kami.4 komika dari UMY dan 4 komika nasional di Jogja.Mereka adalah : Tulus Rega (UMY),Udinoor (UMY),Fathidjun (UMY),Alyakbar (UMY),Yusril Fahriza (Alumni UMY),Mukti Entut (UIN),Radit Vent (UII),dan Hifdzi Khoir (UGM).

Opener malam itu adalah Tulus Rega.Dia adalah guru ngaji di tempatnya.Materinya sangat bagus untuk seorang opener.Dia mampu membuka acara malam itu dengan baik.Penonton dibuat tertawa dengan bit-bit nya yang sederhana dan mudah dipahami.

Komika selanjutnya adalah Udinoor.Berbeda dengan Tulus yang keluar lewat tirai samping,dia keluar malah lewat pintu disamping panggung.Performnya kurang bagus.Banyak bit-bitnya yang miss.Tapi aku salut dengan dia.Dia mampu mengendalikan dirinya,sehingga dia tetap tenang walau bitnya nggak kemakan penonton.Padahal nggak jarang komika yang ketika bitnya nggak kemakan langsung jadi kacau,tapi tidak dengannya.Dia mampu meneruskan performnya walau banyak bit yang nggak kemakan penonton.

Komika ketiga adalah Fathidjun.Penampilannya mirip seperti bang Kalis #SUCI5 .Sedangkan gaya pembawaan materinya mirip dengan Beni #SUCI4 ,datar.Materinya sangat bagus,bit-bitnya yang mudah dipahami dan relevan dengan kehidupan mahasiswa.Dan menurut aku,patahan-patahan pada setiap bitnya sulit untuk ditebak.Ini adalah penampilan terbaik dari anak Stand Up UMY,malam itu.

Lanjut ke komika terakhir dari UMY yaitu Alyakbar.Dia adalah komika dari Ternate,Maluku Utara.Dan sudah dipastikan kalo komika Timur pasti lucu karena gaya ngomong dan bit-bitnya yang khas.Dan bang Alyakbar membuktikannya malam itu.Semua bit-bitnya sukses membuat penonton tertawa.Dan materi yang masih keinget olehku sampe sekarang adalah materi tentang Sumber Koncono Su dekat ama pas dia main futsal dan dimaki-maki ama temennya.

Dan tiba saatnya untuk komika nasional.Penampilan pertama komika nasional adalah Radit Vent.Dia adalah finalis #SUCI6 (tapi udah close mic).Dia adalah komika yang unik karena dia Stand Up sambil membawa boneka,sebut saja Lola.Bersama Lola dia mampu membuat penonton tertawa lepas malam itu.Dan ternyata kelakuan Lola pas on air ama off air beda banget.Hahaha,boneka goyang itik."Ngopo ngematke,gelut piye?"kata Lola.

Komika selanjutnya adalah Yusril Fahriza.Dia adalah alumni dari UMY.Dan dengar rekor kuliah 8,5 tahun.Bahkan lebih senioran dia dibanding satpam UMY.Materinya petcah,apalagi pas materi "Piye skripsimu?".Itu kocak bangetlah pokoknya.Walau kebanyakan materinya itu blue materi (sampe yang duduk dibelakang aku ngomong otak b*kep).Tapi ya gitulah kalo lucu ya lucu aja.Mantap!!!

Lanjut ke komika berikutnya adalah Mukti Entut.Dia adalah komika UIN jurusan Sedayu-Bantul perpustakaan.Materinya sangat bagus,ringan tapi menggelitik abis.Apalagi pas bit tentang do'a Baloteli ke Tuhan.Tuhannya malah ngomong "Baloteli?Lha iki udu bocahku e...".Kocak abis.

Dan headliner malam itu adalah bang Hifdzi Khoir.Materi bang Hifzi malam itu juga sukses membuat penonton tertawa.Walau materi yang disampaikan kebanyakan udah pernah aku denger,tapi tetep aja lucu.Apalagi materinya tentang "9 9 of The Live" (kode).Gokil lah pokoknya.

Akhirnya selesai juga SUN #1 UMY malam itu.Nggak sia-sia aku bela-belain nonton.Bener-bener bisa tertawa puas malam itu.Sayang nggak ada sesi foto,jadi aku langsung pulang aja deh (udah malem juga soalnya).

Setelah aku nganter Dedy pulang,aku segera pulang ke rumah.Dia sebenarnya mau nawarin nemenin aku sampe batas desanya.Tapi berhubung udah malem jadi aku nolak.Lagian aku nggak takut naik motor sendiri malem-malem.Karena aku punya prinsip "kalo ada apa-apa di depan,tabrak aja".

Aku sampai di rumah star jam 11 malem lebih.Setelah masukin motor ke rumah,aku buka twitter bentar.Baru sekitar jam 12 malem aku tidur.

Thanks untuk acara SUN #1 UMY nya,acaranya gokil abis.Ditunggu ya Stand Up Nite #2 #3 dan seterusnya.Sebenarnya sepanjang show aku kadang berfikir "Kapan ya aku bisa kayakalian?".Mungkin untuk saat ini belum bisa,tapi aku yakin suatu saat aku bisa gabung ama kalian.Semangat!!!

Thanks for Reading.

{ 2 Komentar... read them below or Comment }

  1. kisah menonton stand up comedy yg seru pastinya..
    cuma sayangnya gak berasa gokilnya kalo cuma diceritain aja, gak liat langsung ya hihi, pengen juga nih memburu rasa humor/lucu..
    cerita sangat detail dan sepertinya tak ada yg terlupakan...

    http://yulianasari-lifehistories.blogspot.co.id/2016/05/saya-ingin-menjadi-si-kecil-yang-besar.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya lihat langsung kok shownya...cuma kan nggak seru kalo nulis materi stand up orang lain disini

      Delete

Silahkan komentar.Kritik,saran,hinaan,ceban,goban,kami terima.Hidup seperti Larry

- Copyright © Laugh Hunter - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -