Posted by : Anggit Rigen Sunday 20 March 2016


Raditya Adipramono S.S., M.Pd. BI atau lebih dikenal sebagai Radit Vent.(lahir di Yogyakarta, Indonesia, 18 Desember 1983; umur 32 tahun) adalah seorang Dosen dan Ventriloquis berkebangsaan Indonesia. Radit merupakan seorang ventriloquis yaitu seorang yang mahir dengan menggunakan teknik suara perut melalui seni permainan boneka. Pria yang juga tercatat sebagai Dosen tetap bidang studi bahasa Inggris di Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta ini merupakan finalis Indonesia's Got Talent di tahun 2010. Selain itu, saat ini Radit juga menggeluti dunia stand up comedy sebagai seorang komika.Terbukti ketika Radit menjadi salah satu finalis Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV musim ke 6 (SUCI 6) di tahun 2016, menjadikannya ventriloquis pertama yang tampil di kompetisi ini.


Sebagai seorang ventriloquis, Radit tentu tidak asing dengan penampilannya yang membawa sebuah atau beberapa boneka ventriloquis untuk menunjang penampilannya saat di panggung. Adapun Radit memiliki empat boneka yang sering ia bawa saat tampil di panggung. Berikut boneka ventriloquis yang sering tampil bersama Radit:

1.Joni, merupakan boneka pertama yang ia tampilkan saat mengikuti Indonesia's Got Talent.
2.Pakde Sukur atau Uncle Ben, merupakan sebuah boneka kakek tua yang ingin terlihat keren di hadapan para penonton. Oleh karena itu boneka ini memiliki dua nama, Pakde Sukur yang khas       Indonesia serta Uncle Ben agar terdengar keren.
3.Otan, merupakan sebuah boneka Orang Utan.
4.Lola, merupakan boneka anak perempuan yang jadi boneka paling terkenal dari semua boneka yang pernah dibawa Radit tampil.Rambutnya hitam dikepang dua(Udah kaya Elipe).Ia adalah boneka paling populer dari semua boneka Radit Vent.Bahkan dia memiliki akun twitter sendiri yaitu @Lola_Radit_Vent (wikipedia,dengan penambahan dan perubahan seperlunya).


Di SUCI 6,Radit masih tampil dengan gaya seorang Ventriloquis,yaitu dengan membawa sebuah boneka.Dan boneka yang menjadi teman ketika di kompetisi ini adalah Lola.Bersama Lola dia mampu menyuguhkan show Stand Up Comedy yang berbeda.Lola seringkali membuat semua orang tetawa dengan tingkahnya.Mulai dari masalah dia kentut sampai dia berteman dengan Annabelle,boneka hantu yang terkenal karena ikut tantenya jadi TKW.

Namun sayang,Radit Vent dan Lola harus Close Mic pada show 7 SUCI 6.Hal ini dikarenakan dia Over durasi selama 7 detik.Kata Raditya Dika dia juga terjebak situasi perform yang lebih mirip dengan sketsa daripada Stand Up Comedy.Jadi dia harus Close Mic pada posisi 12 besar.


Tapi semua itu tentu belum berakhir untuk Radit Vent dan Lola.Kompetisi yang sebbenarnya berada di luar sana.Persaingan dengan para entertainment lain yang juga pasti lebih hebat.Lagipula jika mengingat pada musim sebelumnya,SUCI selalu mengadakan yang namanya babak CallBack,yaitu babak dimana beberapa komika yang sudah Close Mic akan tampil kembali dan 1 diantaranya berkesempatan untuk kembali ke dalam kompetisi SUCI.Dan aku yakin Radit Vent dan Lola mampu kembali ke SUCI 6 pada babak Callback itu.

Menurut aku pribadi,Radit Vent adalah komika yang unik.Bersama dengan Lola dia mampu menyajikan show Stand Up yang beda dari biasanya.Belum ada komika yang seperti dia di Indonesia.Tetap semangat Mas Radit Vent dan Lola.Kalian sudah menampilkan yang terbaik.Ingat kata Indra Frimawan SUCI 5 :"Jika kalian tidak bisa menjadi komika yang terbaik,maka jadilah komika yang paling beda,".Dan kalian telah melakukannya.Kalian sudah menjadi Komika Kebanggaan Jogja.

Thanks for Reading.

Leave a Reply

Silahkan komentar.Kritik,saran,hinaan,ceban,goban,kami terima.Hidup seperti Larry

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Laugh Hunter - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -